Selamat datang di blog resmi Kencana14, pusat informasi dan konsultasi remaja SMAN14 Padang * Jika ada kritik dan saran silahkan berkomentar di kotak komentar * Terima kasih

5 Tips Tidur Yang Sehat

 

Tips Dan Cara Tidur Yang Sehat - Malam nih teman, ketemu lagi nih sam admin kencana 14 yang baik hati dan tidak sombong:D/ hoho. Kali ini admin ingin berbagi Tips Dan Cara Tidur Yang Sehat untuk teman-teman sekalian, jadi siapkan buku dan pena ya buat nyatat tips ini agar tidak lupa teman:D/.

Tips dan Cara Tidur Yang Sehat :

  • Tidur Yang Cukup
Setiap manusia memiliki tingkatan tidur yang berbeda, misalnya untuk orang dewasa dianjurkan tidur minimal 9-10 jam perhari, sedangkan untuk teman-teman yang masih sekolah dianjurkan tidur minila 10-11 jam per hari.
  • Perhatikan Situasi Disekitar Tempat Tidur
 Agar dapat tidur dengan sehat, teman-teman harus memperhatikan situasi tempat tidur dimana teman berada. Maksudnya sangat tidak disarankan teman-teman tidur di tempat yang bising dan kotor, karena ini akan mengganggu tidur kalian. Jadi dalam tidur kita harus benar-benar dalam keadaan rileks dan tenang itulah yang disebut dengan tidur yang sehat.
  • Jeda Makan Dan Tidur Malam Adalah 2-3 Jam
Untuk teman-teman yang suka lapar di tengah malam, sangat tidak disarankan setelah selesai makan langsug tidur karena akan menjadikan metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga akan menyebabkan kesehatan terganggu. Untuk itu sangat disarankan beri waktu jeda antara makan dengan waktu tidur kurang lebih selama 2-3jam.
  • Hindari Rokok Dan Kafein Sebelum Tidur, Jeda Waktunya 5-8 Jam
Jika ada diantara teman-teman yang merupakan peroko, penikmat kopi dan teh hangat sebelum tidur maka hindari kebiasaan ini. Eits, untuk rokok dan kafein bukan hanya sebelum tidur ya, tapi hindari setiap saat karena zat ini dapat merusak kesehatan hingga menyebabkan kanker lho teman. Kenapa tidak boleh ? karena kandungan nikotin dan kafein akan mengendap ke dalam tubuh dan walaupun dalam kondisi tidur, kafein dan nikotin ini tetap akan mengendap karena tidak diproses lagi oleh tubuh karena tubuh benar-benar dalam keadaan istirahat.
  •  Sempatkan Untuk Tidur Siang
Tips yang terakhir dari admin adalah sempatkan untuk tidur siang. Tidur siang yang ideal adalah 1 jam, selain untuk merilekskan tubuh dan pikiran saat beraktifitas, tidur siang juga memberikan tenaga ekstra untuk melanjutkan aktivitas dan disempurnakan oleh tidur malam.

Nah, itulah 5 Tips Tidur Yang Sehat dari admin, jika ada tips tambahan dari teman-teman sekalian, silahkan dishare melalui kotak komentar ya, semoga bermanfaat=D>


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips kesehatan dengan judul 5 Tips Tidur Yang Sehat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kencana14.blogspot.com/2012/09/5-tips-tidur-yang-sehat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Kencana 14 - Sabtu, 22 September 2012