Selamat datang di blog resmi Kencana14, pusat informasi dan konsultasi remaja SMAN14 Padang * Jika ada kritik dan saran silahkan berkomentar di kotak komentar * Terima kasih

BKKBN Kaji Penyebab Kekerasan Pada Remaja


Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan mendorong pelaksanaan pengkajian terkait dengan penyebab terjadinya kekerasan di kalangan remaja.

"Kami akan memprovokasi dilakukannya pengkajian mengenai maraknya kekerasan di kalangan remaja oleh lembaga penelitian, universitas, dan pihak terkait lainnya," kata Kepala BKKBN Sugiri Syarief di sela acara berbuka bersama jurnalis di Jakarta, Rabu (8/8).

Sugiri menyebutkan sejumlah kasus kekerasan yang melibatkan remaja salah satunya yang tengah mencuat adalah kasus kekerasan pada masa orientasi di sekolah atau bullying. "Kami Prihatin terhadap kasus kekerasan pada masa orientasi atau perpeloncoan," ujarnya.

"Tujuan masa orientasi adalah mengenalkan sekolah kepada para siswa baru. Namun, kegiatan tersebut kemudian menimbulkan dampak negatif," katanya.

Sugiri mengatakan bahwa ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya bullying di sekolah, di antaranya melampiaskan dendam lama sebagai bagian dari tradisi turun-temurun masa orientasi.

"Atau bisa juga karena remaja pada masa sekarang ini banyak menonton tayangan yang mengandung unsur kekerasan sehingga memengaruhi pembentukan karakter," katanya.

Bila sudah ditemukan penyebabnya melalui hasil pengkajian, kata dia, solusi terbaik yang tepat sasaran bisa segera diaplikasikan.

Selain itu, kata Sugiri, sekolah juga perlu membuat aturan yang ketat agar kasus kekerasan di sekolah tidak terulang kembali.

"Guru harus ikut serta mengawasi termasuk ikut mencari penyebab dan pemicu terjadinya kekerasan di kalangan remaja, baik di dalam maupun di luar sekolah," katanya.

Sugiri juga menegaskan bahwa BKKBN siap melakukan pengkajian jika tidak ada pihak terkait lainnya yang melakukan.(Ant/DNI)

Dikutip dari : Metrotvnews
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Artikel Berita dengan judul BKKBN Kaji Penyebab Kekerasan Pada Remaja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kencana14.blogspot.com/2012/09/bkkbn-kaji-penyebab-kekerasan-pada_13.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Kencana 14 - Kamis, 13 September 2012